Minggu, 30 Oktober 2011

module chapter 2


2.0 Pendahuluan


Bab ini mencakup praktek-praktek keselamatan dasar untuk perangkat keras, tempat kerja dan perangkat lunak, dan pembuangan bahan berbahaya. Pedoman keselamatan membantu melindungi individu dari kecelakaan dan cedera dan melindungi peralatan dari kerusakan. Beberapa pedoman ini dirancang untuk melindungi lingkungan dari kontaminasi oleh bahan dibuang. Tetap waspada terhadap situasi yang dapat mengakibatkan cedera atau kerusakan pada peralatan. Tanda-tanda peringatan yang dirancang untuk mengingatkan Anda untuk bahaya. Selalu perhatikan tanda-tanda dan mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan peringatan yang diberikan.

Setelah menyelesaikan bab ini, Anda akan memenuhi tujuan tersebut:

     Jelaskan tujuan dari kondisi kerja yang aman dan prosedur.
     Mengidentifikasi alat dan software yang digunakan dengan komponen komputer pribadi dan tujuan mereka.
     Melaksanakan menggunakan alat yang tepat.

2.1 Jelaskan tujuan dari kondisi kerja yang aman dan prosedur


Kondisi kerja yang aman membantu untuk mencegah cedera pada orang dan kerusakan pada peralatan komputer. Sebuah ruang kerja yang aman bersih, terorganisir, dan benar menyala. Setiap orang harus memahami dan mengikuti prosedur keselamatan.

Ikuti prosedur yang tepat untuk penanganan peralatan komputer untuk mengurangi risiko cedera pribadi, kerusakan harta benda, dan hilangnya data. Setiap kerusakan atau kehilangan dapat menyebabkan klaim kerusakan dari pemilik properti dan data.

Pembuangan atau daur ulang komponen komputer berbahaya adalah isu global. Pastikan untuk mengikuti peraturan yang mengatur bagaimana untuk membuang item tertentu. Organisasi yang melanggar peraturan dapat dikenakan denda atau menghadapi pertempuran hukum mahal.

Setelah menyelesaikan bagian ini, anda akan memenuhi tujuan tersebut:

     Mengidentifikasi prosedur keselamatan dan potensi bahaya bagi pengguna dan teknisi.
     Identifikasi prosedur keamanan untuk melindungi peralatan dari kerusakan dan data dari kehilangan.
     Mengidentifikasi prosedur keselamatan untuk melindungi lingkungan dari kontaminasi.






2.1




Jelaskan tujuan dari kondisi kerja yang aman dan prosedur

 

2.1.1




Mengidentifikasi prosedur keselamatan dan potensi bahaya bagi pengguna dan teknisi




Pedoman Keselamatan Umum

Ikuti pedoman keselamatan dasar untuk mencegah luka, luka bakar, sengatan listrik, dan kerusakan penglihatan. Seperti praktik terbaik, pastikan bahwa alat pemadam kebakaran dan pertolongan pertama kit tersedia dalam kasus kebakaran atau cedera. Buruk ditempatkan atau kabel tanpa jaminan biasanya menyebabkan bahaya tersandung dalam instalasi jaringan. Kabel harus dipasang dalam nampan saluran atau kabel untuk mencegah bahaya terhadap pengguna. Gambar 1 menunjukkan daftar pedoman keselamatan umum.



Pedoman Keamanan Listrik

Mengikuti pedoman keselamatan listrik untuk mencegah kebakaran listrik, luka, dan kematian di rumah dan tempat kerja. Pasokan listrik dan monitor memiliki tegangan yang sangat tinggi. Hanya teknisi yang berpengalaman harus berusaha untuk memperbaiki pasokan listrik dan monitor, sedangkan sebagian besar pengguna hanya harus menggantikan mereka. Jangan memakai gelang antistatik ketika memperbaiki pasokan listrik atau monitor.



Beberapa bagian printer mungkin menjadi sangat panas saat digunakan, dan bagian lain mungkin mengandung tegangan yang sangat tinggi. Pastikan bahwa printer memiliki waktu untuk mendinginkan sebelum membuat perbaikan. Periksa manual printer untuk lokasi berbagai komponen yang mungkin mengandung tegangan tinggi. Beberapa komponen mungkin mempertahankan tegangan tinggi bahkan setelah printer dimatikan.



Perangkat listrik memiliki persyaratan daya tertentu. Misalnya, adaptor AC yang diproduksi untuk laptop tertentu. Bertukar kabel listrik dengan berbagai jenis laptop atau perangkat dapat menyebabkan kerusakan baik adaptor AC dan laptop.



Pedoman Keselamatan Api

Mengikuti pedoman keselamatan kebakaran untuk melindungi kehidupan, struktur, dan peralatan. Untuk menghindari sengatan listrik, dan untuk mencegah kerusakan pada komputer, matikan dan cabut listrik komputer sebelum memulai perbaikan.



Api dapat menyebar dengan cepat dan sangat mahal. Penggunaan yang tepat dari alat pemadam kebakaran dapat mencegah api kecil dari keluar dari kendali. Ketika bekerja dengan komponen komputer, selalu mempertimbangkan kemungkinan api disengaja dan tahu bagaimana harus bereaksi. Anda harus waspada untuk memancarkan bau dari komputer dan perangkat elektronik. Saat komponen elektronik panas atau keluar pendek, mereka akan memancarkan bau terbakar. Jika terjadi kebakaran, Anda harus mengikuti prosedur keamanan:

    Jangan melawan api yang berada di luar kontrol atau tidak terkandung.

    Selalu memiliki rute melarikan diri sebelum memulai api direncanakan pekerjaan apapun.

    Dapatkan keluar dari gedung dengan cepat.

    Hubungi layanan darurat untuk bantuan.

    Pastikan untuk mencari dan membaca petunjuk pada alat pemadam kebakaran di tempat kerja Anda sebelum Anda menggunakannya. Pelatihan keselamatan mungkin tersedia dalam organisasi Anda.

Di Amerika Serikat, ada empat klasifikasi untuk alat pemadam kebakaran. Sebuah surat yang berbeda, warna, dan bentuk mengidentifikasi setiap klasifikasi pemadam kebakaran, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2. Setiap jenis memiliki bahan kimia pemadam kebakaran khusus untuk melawan berbagai jenis kebakaran:



Kelas A - Kertas, kayu, plastik, kardus

Kelas B - Bensin, minyak tanah, pelarut organik

Kelas C - peralatan listrik

Kelas D - logam terbakar

Apa jenis klasifikasi pemadam kebakaran yang ada di negara Anda?



Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana menggunakan alat pemadam kebakaran. Gunakan bantuan PASS di memori untuk membantu Anda mengingat aturan dasar operasi pemadam kebakaran:



P - Tarik pin.

A - Tujuan di dasar api, bukan pada api.

S - Tekan tuas.

S - Sapu nosel dari sisi ke sisi.

2.1 Jelaskan tujuan dari kondisi kerja yang aman dan prosedur
  2.1.2 Identifikasi prosedur keamanan untuk melindungi peralatan dari kerusakan dan data dari kerugian


Debit elektrostatis (ESD), iklim yang keras, dan miskin-kualitas sumber listrik dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan komputer. Ikuti pedoman penanganan yang tepat, menyadari isu-isu lingkungan, dan menggunakan peralatan yang menstabilkan listrik untuk mencegah kerusakan peralatan dan kehilangan data.

ESD
Listrik statis adalah penumpukan muatan listrik beristirahat di permukaan. Penumpukan ini dapat melompat ke sebuah komponen dan menyebabkan kerusakan. Ini dikenal sebagai electrostatic discharge (ESD). ESD dapat merusak elektronik dalam sistem komputer.

Setidaknya 3.000 volt listrik statis harus membangun sebelum seseorang dapat merasa ESD. Sebagai contoh, listrik statis dapat membangun pada Anda sebagai Anda berjalan di lantai berkarpet. Ketika Anda menyentuh orang lain, Anda berdua menerima shock. Jika debit menyebabkan nyeri atau membuat suara, tuduhan itu mungkin di atas 10.000 volt. Sebagai perbandingan, kurang dari 30 volt listrik statis dapat merusak komponen komputer.

ESD Perlindungan Rekomendasi
ESD dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen listrik. Ikuti rekomendasi untuk membantu mencegah kerusakan ESD:

    
Menyimpan semua komponen dalam tas antistatis sampai Anda siap untuk menginstal mereka.
    
Gunakan tikar didasarkan pada workbenches.
    
Gunakan tikar lantai didasarkan pada area kerja.
    
Gunakan tali pergelangan tangan antistatik ketika bekerja pada komputer.

EMI
Elektromagnetik Interference (EMI) adalah intrusi sinyal elektromagnetik luar dalam media transmisi, seperti kabel tembaga. Dalam lingkungan jaringan, EMI mendistorsi sinyal sehingga perangkat penerima mengalami kesulitan menafsirkan mereka.

EMI tidak selalu berasal dari sumber yang diharapkan seperti telepon seluler. Jenis lain dari peralatan listrik dapat memancarkan medan, elektromagnetik diam tak terlihat yang dapat memperpanjang selama lebih dari satu mil.

Seperti ditunjukkan dalam Gambar 1, ada banyak sumber EMI:

    
Setiap sumber dirancang untuk menghasilkan energi elektromagnetik
    
Buatan sumber seperti tenaga garis atau motor
    
Alami acara-acara seperti badai listrik atau radiasi surya dan antar

Jaringan nirkabel dipengaruhi oleh Interferensi Frekuensi Radio (RFI). RFI adalah gangguan yang disebabkan oleh pemancar radio dan perangkat lain transmisi pada frekuensi yang sama. Sebagai contoh, telepon nirkabel dapat menyebabkan masalah dengan jaringan nirkabel bila kedua perangkat menggunakan frekuensi yang sama. Microwave juga dapat menyebabkan gangguan bila berada di dekat perangkat jaringan nirkabel.

Iklim
Iklim mempengaruhi peralatan komputer dalam berbagai cara:

    
Jika suhu lingkungan terlalu tinggi, peralatan dapat menjadi terlalu panas.
    
Jika tingkat kelembaban terlalu rendah, kesempatan meningkat ESD.
    
Jika tingkat kelembaban terlalu tinggi, peralatan dapat menderita kerusakan kelembaban.

Gambar 2 menunjukkan bagaimana kondisi lingkungan meningkatkan atau mengurangi risiko ESD.

Fluktuasi daya Jenis
Tegangan adalah gaya yang bergerak elektron melalui sirkuit. Gerakan elektron disebut saat ini. Sirkuit komputer membutuhkan tegangan dan arus untuk mengoperasikan komponen elektronik. Ketika tegangan di komputer tidak akurat atau stabil, komponen komputer tidak dapat beroperasi dengan benar. Tegangan goyah disebut fluktuasi daya.

Jenis berikut fluktuasi listrik AC dapat menyebabkan kehilangan data atau kegagalan hardware:

    
Blackout - hilangnya Lengkap listrik AC. Sebuah sekering ditiup, trafo rusak, atau garis jatuh listrik dapat menyebabkan pemadaman.
    
Brownout - Mengurangi tingkat tegangan listrik AC yang berlangsung selama periode waktu. Brownouts terjadi ketika tegangan listrik turun di bawah 80% dari tingkat tegangan normal. Overloading sirkuit listrik dapat menyebabkan brownout.
    
Kebisingan - Interferensi dari generator dan petir. Kebisingan menghasilkan listrik yang tidak bersih, yang dapat menyebabkan kesalahan dalam sistem komputer.
    
Spike - peningkatan mendadak dalam tegangan yang berlangsung untuk waktu yang sangat singkat dan melebihi 100% dari tegangan normal pada garis. Paku dapat disebabkan oleh sambaran petir, tetapi juga dapat terjadi ketika sistem listrik datang kembali setelah pemadaman.
    
Lonjakan listrik - peningkatan dramatis dalam tegangan di atas aliran normal arus listrik. Sebuah lonjakan listrik berlangsung selama beberapa nanodetik, atau satu-miliar detik.

Daya Proteksi Perangkat
Untuk membantu melindungi terhadap masalah fluktuasi daya, menggunakan perangkat perlindungan untuk melindungi data dan peralatan komputer:

    
Surge penekan - Membantu melindungi terhadap kerusakan dari lonjakan dan paku. Sebuah penekan lonjakan tegangan listrik ekstra mengalihkan pada baris ke tanah.
    
Uninterruptible Power Supply (UPS) - Membantu melindungi terhadap potensi masalah daya listrik dengan memasok daya listrik ke komputer atau perangkat lain. Baterai terus pengisian sementara UPS digunakan. UPS dapat menyediakan kualitas yang konsisten dari daya ketika brownouts dan pemadaman terjadi. Banyak UPS perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan sistem operasi pada komputer. Komunikasi ini memungkinkan UPS untuk aman mematikan komputer dan menyimpan data sebelum UPS kehilangan semua tenaga listrik.
    
Power Supply siaga (SPS) - Membantu melindungi terhadap potensi masalah daya listrik dengan menyediakan baterai cadangan untuk memasok daya ketika tegangan masuk turun di bawah tingkat normal. Baterai siaga selama operasi normal. Bila tegangan menurun, baterai memberikan daya DC untuk power inverter, yang mengkonversi ke listrik AC untuk komputer. Perangkat ini tidak dapat diandalkan sebagai sebuah UPS karena waktu yang dibutuhkan untuk beralih ke baterai. Jika perangkat switching gagal, baterai tidak akan mampu memasok listrik ke komputer. Gambar 3 menunjukkan beberapa contoh penekan surge, UPS, dan perangkat SPS.

PERHATIAN: Jangan hubungkan printer ke perangkat UPS. UPS produsen menyarankan pernah memasukkan sebuah printer dengan UPS untuk takut overloading UPS.

2.1 Jelaskan tujuan dari kondisi kerja yang aman dan prosedur
  2.1.3 Identifikasi prosedur keamanan untuk melindungi lingkungan dari kontaminasi


Komputer dan peripheral, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1, mengandung bahan yang dapat berbahaya bagi lingkungan. Bahan berbahaya kadang-kadang disebut limbah beracun. Bahan-bahan ini dapat mengandung konsentrasi tinggi dari logam berat seperti kadmium, timbal, atau merkuri. Peraturan untuk pembuangan bahan berbahaya bervariasi menurut negara atau negara. Hubungi daur ulang setempat atau otoritas pembuangan limbah di komunitas Anda untuk informasi tentang prosedur pembuangan dan jasa.

Bahan Lembar Data Keselamatan dan
Sebuah Keselamatan Bahan dan Lembar Data (MSDS) adalah lembaran fakta bahwa merangkum informasi tentang identifikasi bahan, termasuk bahan berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan pribadi, kebakaran bahaya, dan persyaratan bantuan pertama. Dalam Gambar 2, lembar MSDS berisi reaktivitas kimia dan informasi ketidakcocokan yang meliputi tumpahan, kebocoran, dan prosedur pembuangan. Ini juga mencakup tindakan perlindungan untuk penanganan yang aman dan penyimpanan bahan.

Untuk menentukan apakah material diklasifikasikan sebagai berbahaya, konsultasikan dengan produsen MSDS. Di AS, Keselamatan dan Kesehatan Administration (OSHA) mensyaratkan bahwa semua bahan-bahan berbahaya harus disertai dengan MSDS saat ditransfer ke pemilik baru. Informasi MSDS disertakan dengan produk yang dibeli untuk perbaikan komputer atau pemeliharaan dapat relevan dengan teknisi komputer. OSHA juga mensyaratkan bahwa karyawan diberitahu tentang bahan-bahan yang mereka bekerja dengan dan disediakan dengan informasi materi keselamatan. Di Inggris, Kimia dan Kemasan Informasi Bahaya untuk Peraturan Pasokan 2002 (CHIP3) mengawasi penanganan bahan berbahaya. CHIP3 membutuhkan pemasok bahan kimia untuk aman paket dan transportasi bahan kimia berbahaya dan untuk menyertakan lembar data dengan produk.

CATATAN: MSDS berharga dalam menentukan bagaimana untuk membuang bahan-bahan yang berpotensi berbahaya dengan cara yang paling aman. Selalu periksa peraturan setempat mengenai metode-metode pembuangan diterima sebelum membuang peralatan elektronik.

Organisasi yang mengatur penggunaan bahan kimia berbahaya di negara Anda? Adalah lembaran MSDS wajib?

MSDS berisi informasi yang berharga:

    
Nama bahan
    
Sifat fisik bahan
    
Setiap berbahaya bahan yang terkandung dalam materi
    
Reaktivitas data, seperti data kebakaran dan ledakan
    
Prosedur untuk tumpahan atau kebocoran
    
Khusus pencegahan
    
Bahaya kesehatan
    
Perlindungan khusus persyaratan

Komputer dan perangkat komputasi lain yang akhirnya dibuang karena salah satu alasan berikut:

    
Bagian atau komponen mulai gagal lebih sering sebagai usia perangkat.
    
Komputer menjadi usang untuk aplikasi yang awalnya dimaksudkan.
    
Model lebih baru telah meningkatkan fitur.

Sebelum membuang komputer atau salah satu komponennya, sangat penting untuk mempertimbangkan pembuangan yang aman dari setiap komponen yang terpisah.

Tepat Pembuangan Baterai
Baterai sering mengandung logam tanah jarang yang dapat berbahaya bagi lingkungan. Baterai dari sistem komputer portabel dapat mengandung timbal, kadmium, lithium, mangan alkali, dan merkuri. Logam ini tidak busuk dan akan tetap di lingkungan selama bertahun-tahun. Merkuri umumnya digunakan dalam pembuatan baterai dan sangat beracun dan berbahaya bagi manusia.

Daur ulang baterai harus praktek standar untuk teknisi. Semua baterai, termasuk lithium-ion, nikel kadmium-, nikel-metal hidrida, dan timbal-asam yang tunduk pada prosedur pembuangan yang sesuai dengan peraturan lingkungan setempat.

Pembuangan yang tepat Monitor CRT atau
Menangani monitor dan CRT dengan hati-hati. Tegangan sangat tinggi dapat disimpan di monitor dan CRT, bahkan setelah terputus dari sumber listrik. CRT mengandung kaca, logam, plastik, timah, barium, dan logam tanah jarang. Menurut US Environmental Protection Agency (EPA), CRT mungkin berisi sekitar 4 lbs (1.8 kg) dari timah. Monitor harus dibuang sesuai dengan peraturan lingkungan.

Pembuangan yang tepat Kit Toner, Cartridge, dan Pengembang
Digunakan toner printer cartridge printer kit dan harus dibuang dengan benar atau didaur ulang. Beberapa toner pemasok dan produsen akan mengambil kartrid kosong untuk isi ulang. Ada juga perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mengisi ulang kartrid kosong. Kit isi ulang cartridge printer inkjet yang tersedia tetapi tidak dianjurkan, karena tinta dapat bocor ke dalam printer, menyebabkan kerusakan permanen. Hal ini bisa sangat mahal karena menggunakan kartrid inkjet isi ulang juga dapat membatalkan garansi printer inkjet.

Pelarut yang tepat Pembuangan Kimia dan kaleng Aerosol
Hubungi perusahaan sanitasi setempat untuk mengetahui bagaimana dan di mana untuk membuang bahan kimia dan pelarut yang digunakan untuk membersihkan komputer. Jangan pernah membuang bahan kimia atau pelarut ke wastafel atau membuang mereka dalam mengalirkan yang terhubung ke selokan umum.

Kaleng atau botol yang mengandung pelarut dan bahan pembersih lainnya harus ditangani dengan hati-hati. Pastikan bahwa mereka diidentifikasi dan diperlakukan sebagai limbah berbahaya khusus. Sebagai contoh, beberapa kaleng aerosol dapat meledak bila terkena panas jika isinya tidak sepenuhnya digunakan.

2.2 Mengidentifikasi peralatan dan software yang digunakan dengan komponen komputer pribadi dan tujuan-tujuan mereka


Untuk setiap pekerjaan ada alat yang tepat. Pastikan bahwa Anda sudah familiar dengan penggunaan yang benar dari setiap alat dan alat yang tepat digunakan untuk tugas saat ini. Terampil menggunakan alat dan perangkat lunak membuat pekerjaan tidak terlalu sulit dan memastikan bahwa tugas-tugas yang dilakukan dengan benar dan aman.

Perangkat lunak yang tersedia yang membantu mendiagnosa masalah. Gunakan alat ini untuk menentukan perangkat komputer tidak berfungsi dengan benar.

Seorang teknisi harus mendokumentasikan semua perbaikan dan masalah komputer. Dokumentasi kemudian dapat digunakan sebagai referensi untuk masalah di masa depan atau untuk teknisi lain yang tidak mungkin mengalami masalah sebelumnya. Dokumen-dokumen dapat berbasis kertas, tetapi bentuk-bentuk elektronik lebih disukai karena mereka dapat dengan mudah dicari untuk masalah tertentu.

Setelah menyelesaikan bagian ini, anda akan memenuhi tujuan tersebut:

     Mengidentifikasi alat perangkat keras dan tujuan mereka.
     Mengidentifikasi perangkat lunak dan tujuan mereka.
     Mengidentifikasi alat organisasi dan tujuan mereka.
2.2 Mengidentifikasi peralatan dan software yang digunakan dengan komponen komputer pribadi dan tujuan-tujuan mereka
   2.2.1 Mengidentifikasi alat perangkat keras dan tujuan mereka


Sebuah toolkit harus berisi semua alat yang diperlukan untuk menyelesaikan perbaikan perangkat keras. Ketika Anda mendapatkan pengalaman, Anda akan belajar yang telah tersedia alat untuk untuk berbagai jenis pekerjaan. Alat perangkat keras dikelompokkan ke dalam empat kategori:

     ESD alat
     tangan alat
     membersihkan alat-alat
     alat diagnostik

Peralatan ESD
Ada dua alat ESD: tali antistatik dan tikar antistatik. Tali antistatik melindungi peralatan komputer ketika didasarkan pada chassis komputer. Tikar antistatik melindungi peralatan komputer dengan mencegah listrik statis dari berakumulasi di hardware atau pada teknisi. Klik masing-masing item pada Gambar 1 untuk informasi lebih lanjut tentang alat ESD.

Hand Tools
Alat yang paling digunakan dalam proses perakitan komputer alat-alat tangan kecil. Mereka tersedia secara individual atau sebagai bagian dari toolkit perbaikan komputer. Toolkit rentang luas dalam ukuran, kualitas, dan harga. Klik masing-masing item pada Gambar 2 untuk informasi lebih lanjut tentang alat-alat tangan.

pembersihan Alat
Memiliki alat pembersih yang tepat adalah penting ketika mempertahankan atau memperbaiki komputer. Menggunakan alat-alat ini memastikan bahwa komponen komputer tidak rusak selama pembersihan. Klik masing-masing item dalam Gambar 3 untuk informasi lebih lanjut tentang alat pembersih.

Perangkat Diagnostik
Sebuah multimeter digital dan adaptor loopback yang digunakan untuk menguji perangkat keras. Klik masing-masing item pada Gambar 4 untuk informasi lebih lanjut tentang alat diagnostik.

2.2 Mengidentifikasi peralatan dan software yang digunakan dengan komponen komputer pribadi dan tujuan-tujuan mereka
  2.2.2 Mengidentifikasi perangkat lunak dan tujuan mereka


Seorang teknisi harus mampu menggunakan berbagai perangkat lunak untuk membantu mendiagnosa masalah, memelihara perangkat keras, dan melindungi data yang tersimpan pada komputer.

Alat Manajemen Disk
Anda harus dapat mengidentifikasi perangkat lunak untuk digunakan dalam situasi yang berbeda. Disk alat manajemen membantu mendeteksi dan memperbaiki kesalahan disk, menyiapkan disk untuk penyimpanan data, dan menghapus file yang tidak diinginkan.

Klik masing-masing tombol pada Gambar 1 untuk melihat screen shot dari alat-alat manajemen disk sebagai berikut:

    
Fdisk atau Manajemen Disk - Membuat dan menghapus partisi pada hard drive
    
Format - Siapkan hard drive untuk menyimpan informasi
    
Scandisk atau Chkdsk - Cek integritas dari file dan folder pada hard drive dengan memindai sistem file. Alat-alat ini juga dapat memeriksa permukaan disk untuk kesalahan fisik
    
Defrag - Mengoptimalkan ruang pada hard drive untuk memungkinkan akses cepat ke program-program dan data
    
Disk Cleanup - Menghapus ruang pada hard drive dengan mencari file yang dapat dihapus dengan aman
    
Manajemen Disk - Menginisialisasi disk, menciptakan partisi, dan partisi format
    
File System Checker (SFC) - Scans file sistem operasi kritis dan menggantikan file yang rusak

Menggunakan disk boot Windows XP untuk troubleshooting dan memperbaiki file rusak. Windows XP boot disk dirancang untuk memperbaiki file sistem Windows, mengembalikan file yang rusak atau hilang, dan menginstal ulang sistem operasi. Pihak ketiga perangkat lunak yang tersedia untuk membantu dalam pemecahan masalah.

Perlindungan Peralatan Software
Setiap tahun, virus, spyware, dan jenis lain dari serangan berbahaya menginfeksi jutaan komputer. Serangan-serangan ini dapat merusak sistem operasi, aplikasi, dan data. Komputer yang telah terinfeksi bahkan mungkin memiliki masalah dengan kinerja perangkat keras atau kegagalan komponen.

Untuk melindungi data dan integritas dari sistem operasi dan perangkat keras, gunakan software yang dirancang untuk menjaga terhadap serangan dan untuk menghapus program jahat.

Berbagai jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melindungi perangkat keras dan data. Klik masing-masing tombol pada Gambar 2 untuk melihat screen shot dari alat-alat perlindungan perangkat lunak:

    
Windows XP Pusat Keamanan - Cek status pengaturan keamanan penting. Pusat Keamanan terus menerus melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa perangkat lunak firewall dan program antivirus yang berjalan. Ini juga memastikan bahwa pembaruan otomatis ditetapkan untuk men-download dan menginstal secara otomatis.
    
Program antivirus - Melindungi terhadap serangan virus.
    
Spyware remover - Melindungi terhadap perangkat lunak yang mengirimkan informasi mengenai kebiasaan surfing web untuk penyerang. Spyware dapat diinstal tanpa sepengetahuan atau persetujuan dari pengguna.
    
Program firewall - Berjalan terus menerus untuk melindungi komunikasi yang tidak sah ke dan dari komputer Anda.

2.2 Mengidentifikasi peralatan dan software yang digunakan dengan komponen komputer pribadi dan tujuan-tujuan mereka
  2.2.3 Mengidentifikasi alat organisasi dan tujuan mereka


Adalah penting bahwa teknisi dokumen semua layanan dan perbaikan. Dokumen-dokumen ini perlu disimpan secara terpusat dan dibuat tersedia untuk semua teknisi lainnya. Dokumentasi kemudian dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk masalah serupa yang dihadapi di masa depan. Layanan pelanggan yang baik termasuk menyediakan pelanggan dengan deskripsi rinci tentang masalah dan solusi.

Referensi Pribadi Peralatan
Alat referensi pribadi mencakup panduan troubleshooting, manual produsen, panduan referensi cepat, dan jurnal perbaikan. Selain faktur, teknisi menyimpan jurnal upgrade dan perbaikan. Dokumentasi dalam jurnal harus mencakup deskripsi dari masalah, kemungkinan solusi yang telah dicoba, dan langkah-langkah diambil untuk memperbaiki masalah. Pastikan untuk mencatat perubahan konfigurasi apapun dibuat untuk peralatan dan bagian-bagian pengganti yang digunakan dalam perbaikan. Dokumentasi ini akan berharga ketika Anda menghadapi situasi serupa di masa mendatang.

    Catatan - Membuat catatan saat Anda pergi melalui penyelidikan dan proses perbaikan. Lihat catatan ini untuk menghindari mengulang langkah sebelumnya dan untuk menentukan apa langkah yang harus diambil selanjutnya.
    Jurnal - Dokumen upgrade dan perbaikan yang Anda lakukan. Dokumentasi harus mencakup deskripsi dari masalah, kemungkinan solusi yang telah dicoba dalam rangka untuk memperbaiki masalah, dan langkah yang diambil untuk memperbaiki masalah. Pastikan untuk mencatat perubahan konfigurasi apapun dibuat untuk peralatan dan bagian-bagian pengganti yang digunakan dalam perbaikan. Jurnal Anda, bersama dengan catatan Anda, bisa berharga ketika Anda menghadapi situasi serupa di masa mendatang.
    Sejarah perbaikan - Buatlah daftar rinci masalah dan perbaikan, termasuk tanggal, suku cadang, dan informasi pelanggan. Sejarah memungkinkan teknisi untuk menentukan apa pekerjaan yang telah dilakukan pada komputer di masa lalu.

Referensi Internet Peralatan
Internet adalah sumber yang sangat baik informasi tentang masalah hardware spesifik dan solusi yang mungkin:

    Internet mesin pencari
    Berita kelompok
    Produsen FAQ
    Online komputer manual
    Online forum dan chatting
    Teknis situs

Gambar 1 menunjukkan contoh dari sebuah situs teknis.

Lain-lain Alat
Dengan pengalaman, Anda akan menemukan banyak item tambahan untuk menambah toolkit. Gambar 2 menunjukkan bagaimana gulungan selotip bisa digunakan untuk bagian-bagian label yang telah dihapus dari komputer saat organizer bagian tidak tersedia.

Sebuah komputer kerja juga merupakan sumber daya berharga untuk mengambil dengan Anda pada perbaikan komputer di lapangan. Sebuah komputer kerja dapat digunakan untuk informasi penelitian, alat download atau driver, atau berkomunikasi dengan teknisi lainnya.

Gambar 3 menunjukkan jenis komponen pengganti komputer untuk dimasukkan dalam toolkit. Pastikan bahwa bagian-bagian berada di urutan kerja yang baik sebelum Anda menggunakannya. Menggunakan komponen baik yang dikenal untuk menggantikan yang buruk mungkin di komputer akan membantu Anda dengan cepat menentukan komponen mungkin tidak bekerja dengan benar.
2.3 Menerapkan menggunakan alat yang tepat


Keselamatan di tempat kerja adalah tanggung jawab semua orang. Anda jauh lebih kecil kemungkinannya untuk melukai diri sendiri atau komponen kerusakan ketika menggunakan alat yang tepat untuk pekerjaan itu.

Sebelum membersihkan atau memperbaiki peralatan, periksa untuk memastikan bahwa alat Anda berada dalam kondisi baik. Bersih, memperbaiki, atau mengganti barang yang tidak berfungsi secara memadai.

Setelah menyelesaikan bagian ini, anda akan memenuhi tujuan tersebut:

     Mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari Gelang antistatik.
     Mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari tikar antistatik.
     Mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari berbagai alat-alat tangan.
     Mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari bahan pembersih.

2.3 Menerapkan menggunakan alat yang tepat
  2.3.1 Mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari Gelang antistatik


Seperti telah dibahas sebelumnya, contoh dari ESD kejutan kecil yang Anda terima saat Anda berjalan melintasi ruangan dengan karpet dan menyentuh pegangan pintu. Meskipun guncangan yang kecil tidak berbahaya untuk Anda, muatan listrik yang sama lewat dari Anda ke komputer dapat merusak komponen-komponennya. Memakai Gelang antistatik dapat mencegah kerusakan ESD untuk komponen komputer.

Tujuan dari Gelang antistatik untuk menyamakan muatan listrik antara Anda dan peralatan. Tali antistatik merupakan konduktor yang menghubungkan tubuh Anda ke peralatan yang Anda kerjakan. Ketika listrik statis menumpuk dalam tubuh Anda, koneksi yang dibuat oleh tali pergelangan tangan untuk peralatan, atau tanah, saluran listrik melalui kabel yang menghubungkan tali.

Seperti ditunjukkan dalam Gambar 1, tali pergelangan tangan memiliki dua bagian dan mudah dipakai:

    Bungkus tali di sekitar pergelangan tangan Anda dan aman menggunakan snap atau velcro. Logam di bagian belakang tali pergelangan tangan harus tetap dalam kontak dengan kulit Anda setiap saat.
    Snap konektor pada ujung kawat untuk tali pergelangan tangan, dan hubungkan ujung lainnya baik untuk peralatan atau ke titik landasan yang sama bahwa tikar antistatik terhubung ke. Kerangka logam dari kasus ini adalah tempat yang baik untuk menghubungkan kawat. Ketika menghubungkan kabel ke peralatan yang Anda bekerja pada, pilih permukaan logam yang tidak dicat. Sebuah permukaan dicat tidak menghantarkan listrik serta logam yang tidak dicat.

CATATAN: Pasang kawat pada sisi yang sama dari peralatan sebagai lengan memakai gelang antistatik. Ini akan membantu untuk menjaga kawat keluar dari jalan sementara Anda bekerja.

Meskipun memakai tali pergelangan tangan akan membantu untuk mencegah ESD, Anda dapat lebih mengurangi risiko dengan tidak mengenakan pakaian yang terbuat dari sutera, poliester, atau wol. Kain-kain ini lebih mungkin untuk menghasilkan listrik statis.

CATATAN: Teknisi harus menyingsingkan lengan baju mereka, menghapus syal atau dasi, dan selipkan di baju mereka untuk mencegah gangguan dari pakaian. Pastikan bahwa anting-anting, kalung, dan perhiasan longgar lainnya benar dijamin.

PERHATIAN: Jangan pernah memakai Gelang antistatik jika Anda memperbaiki monitor atau unit catu daya.

2.3 Menerapkan menggunakan alat yang tepat
   2.3.2 Mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari tikar antistatik


Anda mungkin tidak selalu memiliki pilihan untuk bekerja pada komputer di ruang kerja dilengkapi dengan baik. Jika Anda dapat mengontrol lingkungan, mencoba untuk mengatur ruang kerja Anda jauh dari daerah berkarpet. Karpet dapat menyebabkan penumpukan muatan elektrostatik. Jika Anda tidak dapat menghindari karpet, tanah sendiri dengan porsi yang tidak dicat kasus komputer yang Anda bekerja sebelum menyentuh setiap komponen.

Mat antistatik
Sebuah tikar antistatik sedikit konduktif. Ia bekerja dengan menggambar listrik statis dari komponen dan mentransfer dengan aman dari peralatan ke titik landasan, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1:

     Lay tikar di ruang kerja di sebelah atau di bawah casing komputer.
     Klip tikar untuk kasus ini untuk menyediakan suatu permukaan didasarkan pada mana Anda dapat menempatkan bagian-bagian seperti yang Anda menghapusnya dari sistem.

Mengurangi potensi untuk ESD mengurangi kemungkinan kerusakan pada sirkuit halus atau komponen.

CATATAN: Selalu menangani komponen oleh tepi.

Workbench
Ketika Anda bekerja di meja kerja, meja kerja tanah dan tikar lantai antistatik. Dengan berdiri di tikar dan mengenakan tali pergelangan tangan, tubuh Anda memiliki muatan yang sama seperti peralatan dan mengurangi kemungkinan ESD.

2.3 Menerapkan menggunakan alat yang tepat
  2.3.3 Mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari berbagai alat-alat tangan


Seorang teknisi harus mampu benar menggunakan setiap alat dalam toolkit. Topik ini mencakup banyak alat-alat tangan yang digunakan saat memperbaiki berbagai komputer.

Sekrup
Cocokkan setiap sekrup dengan obeng yang tepat. Tempatkan ujung obeng pada kepala sekrup. Putar searah jarum jam untuk mengencangkan obeng sekrup dan jarum jam untuk melonggarkan sekrup, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.

Sekrup dapat menjadi dilucuti jika Anda over-kencangkan dengan obeng. Sebuah sekrup dilucuti, ditunjukkan dalam Gambar 2, dapat terjebak dalam lubang sekrup, atau mungkin tidak kencangkan. Buang sekrup dilucuti.

Kepala datar Obeng
Seperti ditunjukkan dalam Gambar 3, gunakan obeng kepala datar ketika Anda bekerja dengan sekrup slotted. Jangan gunakan obeng kepala datar untuk menghapus kepala sekrup Phillips. Jangan menggunakan obeng sebagai bar campur. Jika Anda tidak dapat menghapus komponen, periksa untuk melihat apakah ada klip atau latch yang mengamankan komponen di tempat.

PERHATIAN: Jika kekuatan yang berlebihan diperlukan untuk menghapus atau menambahkan komponen, sesuatu yang mungkin salah. Silakan melihat-lihat kedua untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan sebuah sekrup atau klip pengunci yang memegang komponen di tempat. Lihat manual perangkat atau diagram untuk informasi tambahan.

Kepala Phillips Obeng
Seperti ditunjukkan dalam Gambar 4, menggunakan obeng Phillips kepala dengan sekrup crosshead. Jangan menggunakan jenis obeng untuk apa tusukan. Ini akan merusak kepala obeng.

Hex driver
Seperti ditunjukkan dalam Gambar 5, menggunakan driver hex untuk melonggarkan dan mengencangkan baut yang memiliki kepala (enam-sisi) heksagonal. Baut hex tidak boleh lebih dari-diperketat karena benang dari baut dapat dilucuti. Jangan menggunakan driver hex yang terlalu besar untuk baut yang Anda gunakan.

PERHATIAN: Beberapa alat-alat yang magnet. Ketika bekerja di sekitar perangkat elektronik, pastikan bahwa alat yang Anda gunakan belum magnet. Medan magnet dapat merusak data yang tersimpan pada media magnetik. Alat uji Anda dengan menyentuh alat dengan sekrup. Jika sekrup tertarik ke alat, jangan gunakan alat ini.

Bagian Retriever, jarum-Hidung Tang, atau Penjepit
Seperti ditunjukkan pada Gambar 6, retriever bagian, jarum-hidung tang, dan pinset dapat digunakan untuk tempat dan mengambil bagian-bagian yang mungkin sulit dijangkau dengan jari-jari Anda. Jangan menggaruk atau memukul setiap komponen saat menggunakan alat ini.

PERHATIAN: Pensil tidak boleh digunakan di dalam komputer untuk mengubah pengaturan switch atau untuk membongkar dari jumper. Memimpin pensil dapat bertindak sebagai konduktor dan dapat merusak komponen komputer.
2.3 Menerapkan menggunakan alat yang tepat
  2.3.4 Mendemonstrasikan penggunaan yang tepat dari bahan-bahan pembersih


Menjaga komputer membersihkan bagian dalam dan keluar adalah bagian penting dari program pemeliharaan. Kotoran dapat menyebabkan masalah dengan operasi fisik dari penggemar, tombol, dan komponen mekanis lainnya. Gambar 1 menunjukkan penumpukan debu parah pada komponen komputer. Pada komponen listrik, sebuah penumpukan debu yang berlebihan akan bertindak seperti isolator dan perangkap panas. Sekat ini akan mengganggu kemampuan heat sink dan kipas pendingin untuk menjaga komponen dingin, menyebabkan chip dan sirkuit terlalu panas dan gagal.

PERHATIAN: Saat udara tekan digunakan untuk membersihkan bagian dalam komputer, udara harus ditiup di sekitar komponen dengan jarak minimal empat inci dari nozzle. Power supply dan kipas harus dibersihkan dari belakang kasus ini.

PERHATIAN: Sebelum membersihkan perangkat apapun, matikan dan cabut perangkat dari sumber listrik.

Kasus dan Monitor Komputer
Bersihkan kasus komputer dan luar monitor dengan larutan pembersih ringan pada kain, basah bebas serat. Campurkan satu tetes cairan pencuci piring dengan empat ons air untuk membuat larutan pembersih. Jika air menetes di dalam kasus apapun, memungkinkan cukup waktu untuk cairan mengering sebelum powering pada komputer.

Layar LCD
Jangan gunakan pembersih kaca ammoniated atau solusi lain pada layar LCD, kecuali bersih ini khusus dirancang untuk tujuan tersebut. Bahan kimia akan merusak lapisan pada layar. Tidak ada kaca melindungi layar ini, jadi lembut saat membersihkan mereka dan tidak menekan kuat pada layar.

Layar CRT
Untuk membersihkan layar monitor CRT, meredam lembut, bersih, bebas serat kain dengan air suling dan menghapus layar dari atas ke bawah. Kemudian gunakan kain lembut kering untuk menghapus layar dan menghapus goresan apapun setelah Anda telah membersihkan monitor.

Bersihkan komponen berdebu dengan sekaleng udara terkompresi. Kompresi udara tidak menyebabkan penumpukan elektrostatik pada komponen. Pastikan bahwa Anda berada di area yang berventilasi baik sebelum meniup debu yang keluar dari komputer. Praktek terbaik adalah dengan memakai masker debu untuk memastikan bahwa Anda tidak menghirup partikel-partikel debu.

Meniup debu menggunakan semburan pendek dari kaleng. Ujung pernah dapat atau menggunakan kompresi udara bisa terbalik ke bawah. Jangan biarkan bilah kipas berputar dari kekuatan udara terkompresi. Tahan kipas di tempat. Motor fan dapat hancur dari pemintalan saat motor tidak dihidupkan.

Komponen Kontak
Bersihkan kontak pada komponen dengan isopropil alkohol. Jangan menggunakan alkohol gosok. Alkohol mengandung kotoran yang dapat merusak kontak. Pastikan bahwa kontak tidak mengumpulkan benang apapun dari kain atau kapas swab. Pukulan serat apapun dari kontak dengan udara terkompresi sebelum instalasi ulang.

Keyboard
Bersihkan keyboard desktop dengan kompresi udara atau kecil, dipegang tangan vacuum cleaner dengan lampiran sikat.

PERHATIAN: Jangan gunakan vacuum cleaner standar di dalam kasus komputer. Bagian-bagian plastik vacuum cleaner dapat membangun listrik statis dan debit ke komponen. Gunakan hanya vakum disetujui untuk komponen elektronik.

Mouse
Gunakan pembersih kaca dan lap halus untuk membersihkan bagian luar mouse. Jangan menyemprotkan pembersih kaca langsung pada mouse. Jika membersihkan bola mouse, Anda dapat menghapus bola dan bersihkan dengan pembersih kaca dan lap lembut. Lap penggulung membersihkan bagian dalam mouse dengan kain yang sama. Jangan menyemprotkan cairan di dalam mouse.

Grafik pada Gambar 2 menunjukkan item komputer yang Anda harus membersihkan dan bahan pembersih yang harus Anda gunakan dalam setiap kasus.


  
Laboratorium

Komputer Disassembly
Membongkar komputer.

2.4 Ringkasan


Bab ini membahas prosedur laboratorium yang aman, penggunaan alat yang benar, dan pembuangan yang tepat dari komponen komputer dan perlengkapan. Anda telah dibiasakan diri di laboratorium dengan banyak alat yang digunakan untuk membangun, layanan, dan komputer bersih dan komponen elektronik. Anda juga telah belajar pentingnya alat organisasi dan bagaimana alat-alat ini membantu Anda bekerja lebih efisien.

Berikut ini adalah beberapa konsep penting untuk ingat dari bab ini:

     Bekerja dengan cara yang aman untuk melindungi kedua pengguna dan peralatan.
     Ikuti semua panduan keamanan untuk mencegah cedera pada diri sendiri dan orang lain.
     Tahu bagaimana melindungi peralatan dari kerusakan ESD.
     Mengetahui dan dapat mencegah isu-isu kekuasaan yang dapat menyebabkan kerusakan peralatan atau kehilangan data.
     Tahu mana produk dan pasokan memerlukan prosedur pembuangan khusus.
     Membiasakan diri dengan lembaran MSDS untuk kedua isu keamanan dan pembatasan pembuangan untuk membantu melindungi lingkungan.
     Dapat menggunakan alat yang benar untuk tugas.
     Tahu bagaimana untuk membersihkan komponen aman.
     Gunakan alat organisasi selama perbaikan komputer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar