Senin, 23 April 2012

CARA CLONING PARTISI


Menyalin Partisi
Jika Anda telah memilih untuk menyalin sebuah partisi, Anda dikatakan berada dalam "Mode Partisi". Anda akan menyalin satu partisi dari hard drive yang ada. Anda akan memiliki kontrol atas beberapa parameter operasi.
Anda dapat menulis data copy ke partisi yang ada (dengan Timpa) atau ruang yang tidak terisi, asalkan target cukup besar.
Eksklusif akses ke target
Jika target yang dipilih bukan merupakan ruang yang tidak terisi, Active @ Disk Image harus memiliki akses eksklusif untuk partisi target saat menulis data salinan.
Sebelum Anda mengkonfirmasi rincian operasi, Active @ Disk Image berusaha untuk mengunci partisi target untuk akses eksklusif.
Jika aplikasi lain atau sistem operasi menggunakan partisi target, Anda harus menutup semua aplikasi atau proses sistem yang mungkin menggunakan partisi target.
Jika Anda tidak dapat mengunci partisi target setelah menutup aplikasi dan proses sistem, ada alternatif lain yang bisa Anda coba:
• Pilih partisi yang berbeda - Cobalah untuk mengembalikan citra disk untuk partisi yang berbeda.
• Restart komputer - Memilih pilihan ini akan menyebabkan reboot mesin anda, jadi tolong tutup semua aplikasi terlebih dahulu sebelum memilihnya. Sebagai alternatif Anda mungkin restart komputer Anda dalam cara biasa. Setelah Anda me-restart, mulai Disk Image Aktif @ dan ulangi usaha untuk mengkloning partisi.
• Angkatan turun volume - Jika Anda tidak tahu apa yang mencegah partisi dari yang terkunci, gunakan turun kekuatan volume. Perlu diingat bahwa semua file yang terbuka menangani pada partisi target akan menjadi tidak valid dan aplikasi yang membukanya mungkin crash.

 Meskipun kekuatan turun volume akan bekerja dalam banyak kasus, tidak akan mengizinkan akses eksklusif bila Anda menulis ke partisi sistem atau ke partisi yang berisi file sistem memori halaman.
Jika Anda berurusan dengan salah satu dari kedua kasus, Anda mungkin menjalankan Active @ Disk Image dari CD bootable atau memulai komputer Anda sedemikian rupa sehingga target partisi bukan bagian dari sistem operasi.
Anda dapat melakukan ini pada komputer dengan sistem yang terpasang, dengan boot sistem yang berbeda atau Anda dapat menghapus disk target dan menginstalnya ke komputer lain di mana ia tidak akan menjadi sistem disk.




Alpha
Memilih Partisi Tujuan
Setelah Anda memilih disk sumber untuk menyalin, Anda harus memilih disk tujuan.
Pada halaman tujuan Memilih disk, pilih disk target untuk menerima data disalin dari disk yang dipilih. Disk yang Anda pilih harus cukup besar untuk menampung semua data dalam disk sumber. Jika Anda memilih disk yang terlalu kecil, tombol Next dinonaktifkan.
Alpha
Setelah Anda memilih partisi sumber untuk menyalin, Anda harus memilih partisi tujuan.
Pada halaman tujuan Memilih partisi, pilih target untuk menulis data dari partisi sumber. Anda dapat menyalin partisi sumber baik untuk partisi yang ada - di mana semua data akan ditimpa - atau tidak terisi ruang.
Target partisi harus memiliki cukup ruang untuk menampung semua data dari partisi sumber.

Tombol Next akan tetap dinonaktifkan sampai Anda memilih partisi yang cukup besar.
  Sasaran ukuran partisi bukanlah satu-satunya syarat yang harus dipenuhi ketika Anda menyalin ke partisi.
Ruang yang tidak terisi terletak pada tingkat yang sama sebagai partisi primer tidak dapat berfungsi sebagai target untuk menyalin berikut jika ada:
• Empat primer partisi, atau
Tiga partisi primer dan diperpanjang satu
Jika target yang dipilih bukan merupakan ruang yang tidak terisi, setelah Anda klik Next, dilakukan usaha untuk mengunci partisi target untuk akses eksklusif. Jika partisi target sedang digunakan oleh aplikasi lain atau oleh sistem operasi, sebuah kotak dialog error muncul.
Pilih salah satu solusi dan klik OK untuk melanjutkan.
Memilih Jenis Partisi
Pilih cara partisi salinan akan digunakan dalam sistem. Partisi salinan mungkin Aktif, Primer atau Logical pada disk dengan Record tata letak Master Boot (MBR).
Aktif - Sebuah hard disk hanya dapat memiliki satu partisi aktif. Sebagai partisi aktif, maka secara otomatis ditetapkan sebagai Primer juga. Jika partisi yang dipilih adalah partisi bootable, Anda harus memilih Aktif untuk memungkinkan sistem untuk boot dari itu. Jika target disk sudah memiliki sistem yang berada di partisi aktif, ketika Anda mengkloning partisi ke partisi partisi aktif baru Anda akan menggantikan partisi aktif yang ada. Semua data pada partisi sebelumnya aktif akan tetap utuh, tetapi Anda tidak akan dapat boot dari itu lagi.
Primer - Sebuah hard disk dapat memiliki hingga empat partisi primer.
Logis - Sebuah hard disk dapat memiliki jumlah yang tidak terbatas partisi logical. (jumlah partisi primer dibatasi hingga tiga dalam kasus ini).
Partisi tunggal tanpa MBR - Pilihan ini tersedia untuk USB flash drive saja. Biasanya USB flash disk tidak memiliki MBR dan partisi tunggal mereka ditempatkan mulai dari sektor 0. Namun demikian adalah mungkin untuk membuat flash drive dengan MBR. Mungkin pilihan ketika drive harus dibuat bootable.
Jika gambar Anda memulihkan hanya berisi data, tidak peduli apa jenis partisi yang Anda pilih.
  Hanya satu partisi pada disk dapat diatur untuk aktif (partisi bootable).
Pilih jenis aktif hanya saat Anda kloning partisi sistem dan anda ingin boot dari itu. Jika Anda kloning partisi sistem hanya untuk mengambil data dari itu, pilih Primary atau Logical.
Jenis pilihan Anda pada halaman ini tergantung pada jenis partisi yang telah Anda pilih untuk mengkloning:
Jika Anda memilih partisi primer atau ruang yang tidak terisi pada tingkat dasar, Anda dapat memilih primer, partisi aktif atau logis. Jika partisi (logis) diperpanjang sudah ada pada disk, pilihan Anda akan terbatas pada partisi primer dan aktif.
Jika Anda memilih partisi logis atau ruang yang tidak terisi pada sebuah partisi, Anda dapat membuat partisi baru logis saja.
Mulai dari versi 4, Active @ Disk Image mendukung partisi menyalin ke disk GPT. Dalam Jenis Tujuan Partisi kini Anda dapat memilih tipe partisi tidak hanya tetapi juga skema partisi (partisi gaya) yang dapat menjadi salah satu jenis berikut:
MBR
GPT
GPT (Mac OS style)
GPT - adalah penerapan standar skema partisi GPT. Ini digunakan oleh Windows dan Mac OS dengan perbedaan kecil. Namun, ketika Boot Camp diinstal pada komputer Mac OS X, Mac OS menggunakan skema yang berbeda yang disebut sebagai gaya Mac OS. Pada dasarnya ini adalah hibrida dari MBR dan GPT.
Mac OS membawa dua struktur secara bersamaan - menggunakan GPT untuk tujuan sendiri dan GPT duplikat catatan dalam struktur MBR sehingga dipahami oleh Windows. Jika Anda memiliki disk Mac dipartisi dengan GPT yang dualbooted, menggunakan Mac OS gaya GPT untuk kompatibilitas, jika tidak menggunakan salah MBR atau GPT.
Jika Anda menyalin sebuah partisi ke disk sudah dipartisi, gaya partisi terkunci dan pilihan tipe partisi terbatas pada nilai-nilai yang cocok. Jika Anda, bagaimanapun, memulihkan gambar ke disk kosong, Anda memiliki pilihan gaya partisi.




Menentukan Ukuran Partisi
Menunjukkan ukuran partisi salinan. Anda dapat memperluas partisi untuk menempati ruang lebih daripada yang asli, atau Anda dapat mengecilkan partisi sehingga menggunakan ruang pada partisi salinan.
Dua nilai dihitung di halaman ini menunjukkan ukuran minimum dan maksimum yang partisi baru dapat menempati. Ukuran maksimum sesuai dengan ukuran partisi atau ruang yang tidak terisi yang telah Anda pilih sebagai target. Ukuran minimum ditentukan oleh jumlah ruang yang digunakan dalam disk image dari partisi sumber.
Anda dapat mengubah tidak hanya ukuran tetapi juga posisi partisi baru dengan memberikan nilai untuk ruang Gratis sebelum dan ruang bebas setelah. Jumlah dari semua tiga bidang harus sama dengan ukuran maksimum partisi. Bila Anda mengubah nilai dalam satu bidang, wizard otomatis kalkulasi ulang nilai-nilai lain. Jika Anda memasukkan nilai yang tidak valid, semua nilai-reset ke default.
Dalam situasi normal, Anda ingin partisi baru untuk menempati ukuran partisi target. Jika hal ini terjadi, jangan mengubah apa pun dan klik Next. Jika Anda ingin membuat partisi baru lebih kecil dari target partisi yang ada, hanya mengubah nilai ukuran partisi. Ruang bebas ditambahkan setelah partisi.
  Anda dapat memasukkan hanya ukuran perkiraan partisi baru. Jumlah sebenarnya mungkin sedikit lebih besar atau lebih kecil karena keberpihakan hard geometri.

Menetapkan Surat Drive
Saat menjalankan Active @ Disk Image dari Boot Disk (menggunakan lingkungan Windows PE), itu tidak mungkin untuk menetapkan huruf drive karena sifat sementara dari Windows PE. Ini halaman wizard tidak akan muncul.
Untuk menetapkan huruf drive baru ke partisi baru, pilih surat dari kotak drop-down.
Daftar ini berisi semua huruf drive yang belum ditetapkan. Jika huruf yang ingin Anda tetapkan yang sudah diambil, maka akan tidak ada dalam daftar.
Untuk menggunakan surat yang sudah ditetapkan, Anda harus menutup @ Disk Image Aktif dan gratis yang huruf. Setelah surat itu adalah gratis, mulai Disk Image Aktif @ lagi dan kembali ke halaman ini.
Untuk memungkinkan sistem operasi untuk menetapkan huruf drive, klik No, tidak menetapkan huruf drive. Dalam hal ini Windows akan menetapkan huruf drive ke partisi yang baru dibuat secara default, memberikan surat bebas berikutnya. Namun, jika surat tidak diberikan untuk partisi Anda dapat menggunakan Disk Manager untuk menetapkan huruf drive kemudian.
  Perhatikan huruf drive yang Anda pilih mungkin sangat penting jika partisi copy berisi program yang diinstal. Sebagai contoh, jika partisi sumber Anda partisi E:, anda harus menulis copy ke partisi dengan huruf E:.
Jika tidak, semua link disimpan dalam registri yang mengacu pada program-program tersebut diinstal pada E: akan menjadi tidak valid.



Konfirmasi Copy Details
Review detail halaman ini dengan seksama. Untuk mengubah item pada halaman ini, klik Back dan mengubah pilihan, jika diperlukan sebelum melanjutkan. Jika semua sudah benar, klik Next untuk memulai kloning partisi.
Alpha
Proses menyalin seluruh disk dapat mengambil waktu yang lama. Anda dapat melihat progress bar pada halaman Kemajuan. Untuk menghentikan proses setiap saat, klik Batal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar