Senin, 09 April 2012

MACAM MACAM PRINT BESERTA KODE EROR DAN SOLUSINYA


Macam macm print

Menggunakan printer multi-function saat ini merupakan solusi mudah untuk mempercepat kinerja anda baik dirumah maupun dikantor. Namun bagaimana jika dengan satu printer multi-function digunakan oleh banyak orang? tentunya jika menggunakan jaringan kabel tentu akan memakan tempat peletakan sistem jaringan kabelnya. Melihat ini Airlink 101 sebagai vendor terkemuka dibidang networking mengeluarkan produk unggulan mereka yang membantu anda menghubungkan satu printer dengan jaringan lokal anda menggunakan wireless sebagai media transfernya.
Airlink AMPS240W merupakan produk printer server yang memiliki kompatibilitas dengan berbagai macam printer muti-function. Karena tidak semua printer server dapat terkoneksi dengan printer multi-function. Dengan AMPS240W anda dapat menyebarkan printer multi-function anda dengan jaringan lokal anda melalui sebuah router dan anda dapat melakukan print, scan, copy dan fax secara bersamaan dalam satu area jaringan lokal.



Jika anda seorang tehnisi komputer ataupun anda yang sedang berusaha memperbaiki printer anda sendiri, mungkin trik ini akan sangat berguna bagi anda untuk mempercepat pekerjaan servis anda. Trik kali ini adalah tentang Cara Self Test Printer HP dan Canon. Dengan menggunakan trik  self test printer ini, anda tidak perlu menggunakan komputer ataupun laptop untuk melakukan test print printer HP dan Canon anda. Anda hanya cukup menggunakan konfigurasi tombol yang ada di printer anda. Continue reading »

Cara Reset Canon IP1980 Secara Total
1.      Download terlebih dahulu General Tool Canon IP1900 series, Anda bisa mendownloadnya disini
2.      Matikan Printer, lalu lepaskan kabel power
3.      Sambil menekan tombol ON pasang kembali kabel power
4.      Masih tetap menekan tombol ON, tekan 2x tombol RESUME
5.      Lepaskan kedua tombol.
6.      Dalam tahap ini printer dalam kondisi temporary reset dan untuk meresetnya secara total, jalankan aplikasi General Tool Canon IP1900 yang telah Anda download.
7.      Tunggu sejenak sampai program mendeteksi adanya printer seperti terlihat pada gambar dibawah.
8.      Setelah printer terdeteksi, centang pilihan EEPROM Clear dan klik tombol Test Pattern 1
9.      Masukan kertas kosong karena printer akan segera melakukan print test.
10.  Setelah printer selesai ngeprint, klik tombol Main dan Platen kemudian klik tombol Quit untuk keluar.






Kode eror dan cara mengatasinya

Cara mengatasi blink HP Deskjet D2566, 2466, 3535, 3420, 3920 :
·         Misalkan yang anda curigai rusak catridge warnanya. Ambil catridge hitamnya dan biarkan hanya catridge warna yang terpasang.
·         Kemudian hidupkan printer HP Deskjet anda.
·         Kemudian amati lampu indikator power atau tintanya, kalau Printer HP Deskjet D2566, 3535, 3420, 3920, 2466  anda masih blink berarti cartridge warnanya rusak.
·         Akan tetapi kalau lampu indikator power atau tinta nyala penuh, berarti catridge warna printer HP Deskjet anda masih bagus.
·         Kemudian ambil catridge warna dan pasang kembali catridge hitam. Berarti hanya catridge hitam yang terpasang di printer HP deskjet.
·         Kemudian hidupkan printer HP Deskjet anda.
·         Kemudian amati lampu indikator power atau tintanya,  kalau printer HP Deskjet D2566, 3535, 3420, 3920, 2466 anda masih blink lagi berarti catridge hitam anda rusak.
·         Akan tetapi jika lampu indikator power atau tinta nyala penuh, berarti catridge hitam printer HP Deskjet anda masih bagus.
·         Jadi kesimpulannya, printer HP Deskjet blink itu disebabkan oleh catridge yang rusak bukan karena minta direset.


Berikut ini Cara Mengatasi Epson T11 dan T20 Bunyi Keras :
  • Bongkar printer Epson T11 dan T20 dengan membuka dua sekrup di belakang printer,  kait di kanan kiri printer dan 3 kait di bagian depan printer. Lakukan dengan hati-hati agar casing printer tidak rusak.
  • Ketika tutup casing sudah bisa diambil, maka akan langsung terlihat bagian penarik kertas yang berwarna putih dan dilengkapi dengan roll karet penarik kertas dari epson T11 dan T20 ini
  •  Penyebab bunyi keras pada epson T11 dan T20 adalah di bagian penarik kertas ini. Penarik kertas ini sebutannya adalah ASF ( Automatic Sheet Feeder ). ASF printer epson T11 dan T20 ini jika diamati akan terlihat patah di bagian AS salah satu gear tumpunya.
  • Anda bisa mengganti ASF ini dengan ASF yang baru dengan harga spare partnya sekitar 70 ribuan. Atau anda bisa memperbaiki bagian yang patah ini dengan cara membuatkan AS baru dengan menggunakan sekrup kecil ataupun yang lainnya tergantung kreatifitas anda masing-masing. Yang penting AS gear yang dihasilkan kuat digunakan sebagai tumpuan.
  •  Setelah diganti atau diperbaiki ASF nya, saat mencoba epson T11 dan T20 yang bunyi keras saat print tadi.
  •  Setelah OK, tutup kembali printer epson T11 dan T20 anda.










Cara Pertama :
Cara ini adalah cara yang paling mudah tapi mengeluarkan banyak uang yaitu dengan mengganti catridge warna iP2770 yang error 5200 tersebut, maka masalah pun teratasi.
Cara Kedua :
  • Printer iP2770 dalam keadaan mati dengan kabel listrik terpasang.
  • Tekan tombol RESUME 2 detik dan tahan, kemudian tekan tombol POWER sampai led hijau nyala.
  • Kemudian lepas tombol RESUME, tapi jangan lepas tombol POWER.
  • Sambil tombol POWER masih tertekan, tekan tombol RESUME 5 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan nyala terakhir orange.

Berikut ini cara mengatasi MP258 yang error 5B00 atau P07 :
  1. Jika printer MP258 yang error 5B00 atau P07 dalam keadaan hidup, matikan printer MP258 tersebut dengan menekan tombol powernya. Tunggu sampai printer MP258 mati.
  2. Tekan dan tahan tombol Stop / Reset,  kemudian tekan dan tahan tombol Power. Jadi kedua tombol masih dalam keadaan tertekan.
  3. Lepas tombol Stop / Reset, kemudian tekan tombol Stop / Reset 2 x (jangan lepas tombol powernya).
  4. Kemudian lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
    Printer MP258 yang error 5B00 atau P07 akan melakukan inisialisasi beberapa saat seperti ketika printer dicoba pertama pada saat beli. Tunggu sampai lcd panel pada printer MP258 yang error 5B00 atau P07 tadi menunjukkan angka 0 (nol).
  5. Printer MP258 akan terdeteksi sebagai device baru di komputer anda, walaupun tadinya sudah terpasang driver printer tersebut. Abaikan saja kondisi ini.
  6. Kondisi MP258 menampilkan angka 0 (nol) pada lcd panelnya menunjukkan bahwa MP258 dalam keadaan Service Mode dan siap untuk direset menggunakan software.
  7. Download program resetter MP258 untuk error 5B00 atau P07 di link ini : http://www.ziddu.com/download/12361840/ServiceTool_V1074MP258.zip.html
  8. Siapkan 2 kertas di MP258, karena nanti akan digunakan untuk proses reset.
  9. Buka program resetter MP258 untuk error 5B00 atau P07
  10.  Klik “MAIN”, tunggu beberapa saat maka MP258 akan print dengan tulisan ” D=000.0 “
  11. Klik ” EEPROM Clear “, kemudian klik ” EEPROM “, MP258 akan print 1 lembar lagi. Salah satu barisnya tulisannya  : TPAGE(TTL=00000 COPY=00000)
  12.  Kemudian matikan MP258  dengan menekan tombol Power.
  13.  Selesai.

Cara mengatasi blink 4x orange 1x hijau pada iP1880 ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Berikut ini caranya :

  • Hidupkan Canon iP1880 atau iP1980 yang blink 4x orange 1x hijau.
  • Tekan dan tahan tombol resume-nya antara 10-30 detik.
  • Tunggu sampai printer melakukan inisialisasi dengan ditandai bunyi proses pada canon iP1880.
  • Canon iP1880 atau 1980 yang blink 4x orange 1x hijau seharusnya sudah normal kembali dengan led hijau menyala.
  • Printer sudah siap digunakan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar